Minggu, 07 September 2014

Kelebihan Toko Online


Bisnis yang menggunakan toko online kini makin menjamur. Hal ini bisa diindikasikan jika kita masuk ke situs mesin pencari dan mengetikkan kata kunci tersebut, maka akan bermunculan ribuan nama yang berusaha memamerkan dagangan mereka.

Ada beberapa alasan mengapa bisnis bersistem toko online makin diminati dan menjamur di tengah masyarakat. Alasan tersebut di antaranya adalah :

1. Makin meningkatnya kemampuan masyarakat dalam menyerap teknologi, sehingga penggunaan internet bukan lagi hal asing dan rumit di tengah masyarakat.

Salah satu hal yang membuat semakin berkembang dengan pesatnya toko online ataupun segala hal yang berbau online ini adalah perkembangan media internet. Dengan media ini semakin dapat untuk memudahkan pekerjaan dan kehidupan manusia itu sendiri.

Teknologi internet adalah pengembangan dari teknologi komputer atau yang saat ini lebih memakai istilah gadget. Setiap media ini akan dihubungkan dengan sambungan internet sehingga akan memperoleh sambungan internet itu sendiri.

Dengan adanya internet ini maka memungkin setiap orang untuk dapat berkomunikasi dengan siapapun yang ada di manapun. Atau untuk mendapatkan informasi di manapun mengenai apapun juga.

Termasuk dalam kemudahan pengembangan toko online ini adalah hasil dari perkembangan internet. Toko online ini adalah sebuah toko atau tempat yang menjual sesuatu dengan menjadikan media internet sebagai media untuk berjualan.

Dengan menggunakan media internet maka akan semakin membuat luas jaringan pemasaran dari produk yang dihasilkan. Juga membuat semakin banyak orang yang dapat melihat dan mengenai produk tersebut sehingga memungkinkan untuk dapat memperoleh konsumen lebih banyak lagi.

2. Toko online tidak membutuhkan lokasi untuk memasang barang dagangan sebagaimana jika kita membuka toko konvensional. Dan ini adalah salah satu keuntungan nyata yang diperoleh dari keberadaan toko online.

Dalam kepemilikan toko konvensional, kita harus mampu untuk menyediakan sebuah tempat untuk memperlihatkan dan menjual barang atau produk kita. Dan tempat ini memang mutlak dibutuhkan karena tanpa tempat kita tak akan pernah bisa untuk menggelar barang kita agar dapat untuk diketahui oleh konsumen dan calon konsumen kita.

Tempat ini menjadi hal yang memang sangat dibutuhkan. Dan hal inilah yang banyak membuat orang atau calon yang ingin berbisnis dengan toko konvensional sering kali menemui hambatan. Karena, untuk menemukan sebuah tempat yang akan digunakan untuk berjualan tidaklah selalu mudah. Tidak selalu mudah dalam hal menemukannya atau dalam mengusahakannya karena memang terkadang tempat ini tak begitu murah untuk dibuat.

Sehingga keberadaan toko online ini banyak membantu siapa saja yang mengalami kesulitan seperti yang telah disebutkan di atas. Keberadaan toko online secara nyata tak membutuhkan adanya tempat nyata untuk menggelar seluruh barang kita agar dapat diketahui oleh semua orang.

Keberadaan tempat ini telah digantikan dengan adanya website tempat kita memajang seluruh barang jualan kita. Website inilah yang menjadi tempat bagi kita untuk menjual barang kita ini.


Website ini adalah hal yang masih tidak nyata namun kita tetap dapat untuk memperlihatkan semua barang yang kita jual. Kita hanya diperlukan untuk mengatur dari tampilan website itu sendiri sehingga barang kita sudah dapat muncul di tampilan website kita.

Dalam pembuatan website pun tidak membutuhkan biaya yang sangat mahal. Apalagi saat ini, pembuatan website lebih mudah lagi dengan banyaknya orang yang telah memiliki kemampuan untuk membuat website dengan harganya yang tak terlalu mahal.

Hal ini sangat bertentangan dengan keberadaan tempat pada toko konvensional. Dimana tempat ini membutuhkan banyak biaya. Sehingga memang keberadaan toko online lebih banyak memberikan kemudahan dan keuntungan.

3. Tidak perlu menyimpan stock barang dalam jumlah banyak. Karena kita sejatinya dapat mengorder kepada pihak yangmenjual barang tersebut kepada kita hanya ketika ada orang yang memesan barang kepada kita.

Hal ini merupakan salah satu sistem yang ada pada penjualan online. Dan hal ini akan sangat membantu kita dan menjauhkan kita dalam adanya peluang untuk mendapatkan keuntungan dari tidak habisnya atau tidak lakunya barang kita.

Dalam toko konvensional, kita memang harus menyediakan banyak barang untuk dipajang di tempat kita agar dapat diketahui oleh pembeli kita. Namun di toko online, kita hanya cukup membutuhkan setiap foto dari barang yang kita jual yang nantinya akan diperlihatkan di tampilan website kita.

Kita dapat memesan barang tersebut jika memang ada pesanan. Atau jika kita memproduksi barang itu sendiri, maka kita baru akan memulai proses pembuatan barang jika memang sudah ada pemesan yang menginginkan barang kita. Hal ini akan sangat menjauhkan kita dari banyaknya mengalami kerugian akibat barang yang masih banyak dan tidak laku.

4. Berbisnis toko online menghindarkan kita dari kewajiban membayar pajak sehingga bisa menekan biaya produksi agar harga jual bisa lebih rendah. Dalam toko konvensional, banyak biaya tambahan yang harus kita keluarkan karena memang keberadaan toko kita memang sangat dapat untuk diketahui oleh pihak manapun termausk pihak pemerintah.

Keberadaan pajak memang adalah hal yang mutlak saat ini. Dan pajak harus dibayarkan oleh pihak yang dianggap sebagai wajib pajak. Dan pemilik bisnis adalah salah satu dari wajib pajak ini.

Sedangkan jika kita mengelola toko online maka keberadaan toko kita seakan tak terlihat dengan jelas. Dan dalam hal ini kita tak dapat untuk dimasukan ke dalam daftar wajib pajak. Dengan ini kewajiban membayar pajak bukan menjadi tanggung jawab kita dan kita pun tak memiliki kewajiban untuk membayar pajak.

5. Toko online tidak perlu ditunggui secara permanen, sehingga kita bisa melakukan aktivitas lainnya. Hal ini juga merupakan salah satu keuntungan yang banyak diambil dari keberadaan toko online. Terutama bagi para ibu rumah tangga yang hanya ada di rumah tanpa bekerja di luar rumah namun masih ingin untuk membantu perekonomian keluarga.

Karena memang website kitalah yang menjadi sarana orang untuk mengetahui dan mengenal barang kita, maka website itulah yang akan bekerja sendiri sebagai pihak marketing yang akan menjajakan barang kita.

Kita tak perlu selalu online untuk memantau barang kita. Kita cukup membutuhkan nomer kontak kita agar konsumen dapat lebih mudah untuk menghubungi kita untuk melakukan pemesanan atau konfirmasi pembayaran.

Sehingga kita tak harus selalu intens berada di depan layar gadget kita. Kita masih dapat untuk meninggalkannya dan mengeceknya selama beberapa kali saja. kitapun masih dapat untuk melakukan hal yang lainnya.

Pelaku bisnis online ini akan lebih memiliki waktu yang lebih banyak untuk hal yang lain. Jika ia adalah ibu rumah tangga yang seperti telah disebutkan maka ia tetap dapat menjalankan perannya sebagai ibu rumah tangga tersebut. Jika ia adalah pekerja kantoran maka ia tetap dapat untuk menjalankan pekerjaannya dengan masih tetap bisa untuk mengelola bisnis onlinenya.

Itulah beberapa hal mengenai keberadaan toko online atau shop online yang begitu banyak menjamur saat ini.
Suka artikel ini? Bagikan : :
Share on FB Tweet Share on G+ Submit to Digg
Description: Kelebihan Toko Online Rating: 5 Reviewer: Admin ItemReviewed: Kelebihan Toko Online