Minggu, 27 Juli 2014

Mantan Direktur yang Sukses Jualan Baju Online

Bagi Anda penggemar belanja online, bisa jadi pernah mendengar nama situs BelowCepek. Website online shopping yang menjual baju dan berbagai kebutuhan fashion wanita itu menjual produknya dengan harga di bawah Rp 100 ribu. Otak dari online shopping unik tersebut adalah seorang wanita cantik yang pernah menjabat sebagai direktur di berbagai perusahaan, Riana Bismarak. Bagaimana cerita Riana soal bisnis BelowCepek yang kini sudah mendulang sukses?

Riana mendirikan BelowCepek pada November 2011. Situs online shop itu dibuat dengan konsep bagaimana memasarkan produk asli buatan anak negeri ke seluruh Indonesia. Konsep tersebut digagasnya karena melihat sekarang ini rata-rata online shop menjual produk-produk dari China, Korea, Bangkok dan Hong Kong.

Ide untuk menjual produk di bawah Rp 100 ribu muncul setelah melakukan riset dia menemukan karya anak negeri, terutama yang berbau fashion dijual di pasaran dengan harga di atas Rp 300 ribuan. Dari ide itulah Riana bertekad mencari produk karya anak bangsa yang bisa dijual di websitenya dengan harga di bawah Rp 100 ribu, namun tetap memiliki kualitas yang baik.

Untuk mencari produk karya anak bangsa ini, Riana mendatangi orang-orang yang memiliki UKM (Usaha Kecil Menengah). "Saya bekerjasama dengan UKM-UKM. Kalau UKM yang baru bergabung dengan BelowCepek, saya pegang dulu barangnya, saya tes dulu. Kalau oke baru berkerjasama. Kalau UKM yang sudah bekerjasama sebelumnya, kalau ada barang baru, saya pergi ke gudangnya, saya lihat sendiri kualitas barang barunya," ujar wanita yang terakhir menjabat sebagai Coorpertae Director Waterbom Bali dan Jakarta sebelum akhirnya resign dan mendirikan bisnis online shop.

Dalam bekerjasama dengan UKM ini, Riana harus benar-benar sabar dan teliti. Sampai saat ini BelowCepek sudah bekerjasama dengan 70-an UKM. UKM tersebut menurutnya tidak selalu konsisten dalam memproduksi produk yang berkualitas. Untungnya di tahun ketiga berbisnis ini, dia sudah memiliki beberapa partner UKM yang konsisten memproduksi produk yang baik.

Konsistensi, itulah kunci sukses bisnis Riana. Dari dulu baru berdiri hingga kini sudah berusia tiga tahun, online shop tersebut setia menjual barang asli buatan Indonesia dengan harga yang terjangkau dan kualitas tetap baik.

"Produk baru juga kita selalu ada. Setiap minggu ada barang baru terus. Kadang orang yang bisnis, barang yang lama belum laku, masa masukin barang baru lagi. Padahal justru karena barang baru itu yang bikin orang datang ke kita. Mental bisnis memang diperlukan," kata Riana saat berbincang dengan Wolipop di Pacific Place, Jakarta Selatan, belum lama ini.

Dengan konsistensi itu Riana kini merasakan dampak positif pada bisnisnya. Penjualan dan keuntungan BelowCepek terus bertambah setiap tahunnya. "Secara revenue saya sekarang sudah 200% dari tahun lalu. Tahun lalu aja sudah 200% dari tahun pertama," ucap wanita kelahiran 5 Juli 1976 itu.

Selain dari penjualan, dari sisi pengunjung kini jumlah orang yang melihat situs BelowCepek juga semakin banyak. Jika dulu saat awal berdiri baru 20-50 orang per hari, kini bisa sampai 2.000 orang datang. Dari 2.000 orang itu, setidaknya 10% dari mereka berbelanja.
Suka artikel ini? Bagikan : :
Share on FB Tweet Share on G+ Submit to Digg
Description: Mantan Direktur yang Sukses Jualan Baju Online Rating: 5 Reviewer: Admin ItemReviewed: Mantan Direktur yang Sukses Jualan Baju Online