Perkembangan Bisnis Toko Online atau Online Shop. DEWASA ini perkembangan bisnis online, seperti toko online atau pun e-commerce di Indonesia begitu pesat seiring dengan perkembangan teknologi informasi (internet) dan juga penggunanya. Menurut data Frost & Sullivan, pertumbuhan e-commerce di Indonesia mencapai rata-rata 17 persen per tahunnya. Sementara menurut data Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), jumlah pengguna internet di Indonesia saat ini mencapai 28 persen dari total jumlah penduduk Indonesia.
Data berikutnya menunjukan bahwa pada tahun 2012 jumlah pengguna internet sekitar 63 juta pengguna, kemudian meningkat pada tahun 2013 menjadi 71,19 juta pengguna atau meningkat 13 persen. Sedangkan nilai transaksi yang terjadi pada tahun 2013 sekitar 5 trilyun rupiah, itu pun hanya menghitung transaksi jual-beli barang saja.
Bagi konsumen, tentu saja dengan kehadiran toko online atau e-comerce itu akan semakin memudahkan dalam berbelanja. Mereka tak perlu keluar rumah jika ingin membeli sesuatu. Pun demikian dengan pebisnis atau pemilik toko, tak harus memiliki toko layaknya toko-toko yang kita kenal selama ini. Mereka cukup memampang barang atau jasa dagangannya di dunia maya dan pembeli pun akan “datang” dengan sendirinya.
Meskipun demikian, ada juga pemilik toko yang memang sudah memiliki toko secara offline, namun dengan tujuan untuk saling melengkapi mereka juga membuat toko online. Mereka memanfaatkan teknologi informasi (internet) menjadi sarana yang dianggap ampuh dan efektif untuk promosi sehingga jalan untuk penetrasi pasar maupun ekspansi pasar semakin terbuka.
Jika selama ini toko offline hanya bisa menjangkau pasar lokal yang terbatas, namun dengan adanya kemajuan teknologi komunikasi semacam internet, bisa menjadi sarana yang paling tepat bagi para pelaku usaha untuk memperluas jaringan pangsa pasarnya. Melalui jaringan internet seorang pemilik toko, dapat menjangkau pasar yang lebih luas, tidak hanya pasar lokal namun bisa menjangkau pasar nasional bahkan internasional.
Sekali lagi, intinya toko online tidak berbeda jauh dengan toko yang dibuka secara offline. Yang membedakan hanyalah lokasi usaha dan cara transaksi atau pembeliannya saja. Selain itu, jika toko konvensional (toko offline) membutuhkan lokasi yang strategis untuk memulai usaha, toko online hanya membutuhkan jaringan internet dan membuat website, blog atau jejaring sosial sebagai tempat usahanya. Selanjutnya toko online juga memudahkan dalam hal promosi, modal yang digunakan relatif kecil, operator atau tenaga kerja yang tak banyak, serta waktu yang fleksibel, menjadi alasan atau pilihan utama para pebisnis online.
Di Indonesia, sampai saat ini belum ada data yang pasti berapa jumlah toko online yang ada.Namun ada beberapa nama pebisnis online besar yang selama ini "aman" dan terpercaya untuk melakukan transaksi. Setidaknya ada beberapa toko online dengan jualan unik dan mempunyai segmen pasar tersendiri, misalnya untuk jual-beli buku-buku, gramedia.com masih boleh dikatakan sebagai rajanya.
Demikian juga dengan Zalora Indonesia, merupakan pusat belanja fashion online terbesar di Indonesia yang menyediakan kebutuhan fashion segala kalangan dengan menawarkan brand-brand lokal maupun internasional, yang semuanya mengikuti trend fashion terbaru dan memberikan banyak pilihan konsumen. Zalora selalu memberikan layanan terbaik kepada konsumen dengan berbagai penawaran menarik, seperti harga promo, diskon khusus, special deal, dan juga memberikan kemudahan transaksi dengan gratis ongkos kirim untuk area tertentu, layanan Cash on Delivery (COD), serta garansi barang kembali jika tak sesuai.
Sementara itu yang lain ada Lazada yang mempunyai banyak ragam barang yang ditawarkan, mulai dari komputer, laptop, tablet, hand phone, elektronik, fashion, alat-alat rumah tangga, alat kesehatan dan sebagainya. Layanan Lazada ini tak jauh beda dengan Zalora dalam memanjakan konsumennya.
Itu hanya beberapa contoh toko online besar dan terpercaya yang ada di Indonesia, masih banyak yang lain yang jumlahnya bisa ribuan. Namun yang pasti, dalam menjalankan bisnis online, selain kualitas barang dan layanan yang bermutu, yang terpenting adalah adanya kepercayaan dari konsumen. Apalagi saat ini banyak layanan belanja online yang “abal-abal”, penipuan yang berkedok jual-beli. Jadi ini sangat penting menjadi perhatian para pelaku usaha online dan masyarakat konsumen.
Data berikutnya menunjukan bahwa pada tahun 2012 jumlah pengguna internet sekitar 63 juta pengguna, kemudian meningkat pada tahun 2013 menjadi 71,19 juta pengguna atau meningkat 13 persen. Sedangkan nilai transaksi yang terjadi pada tahun 2013 sekitar 5 trilyun rupiah, itu pun hanya menghitung transaksi jual-beli barang saja.
Bagi konsumen, tentu saja dengan kehadiran toko online atau e-comerce itu akan semakin memudahkan dalam berbelanja. Mereka tak perlu keluar rumah jika ingin membeli sesuatu. Pun demikian dengan pebisnis atau pemilik toko, tak harus memiliki toko layaknya toko-toko yang kita kenal selama ini. Mereka cukup memampang barang atau jasa dagangannya di dunia maya dan pembeli pun akan “datang” dengan sendirinya.
Meskipun demikian, ada juga pemilik toko yang memang sudah memiliki toko secara offline, namun dengan tujuan untuk saling melengkapi mereka juga membuat toko online. Mereka memanfaatkan teknologi informasi (internet) menjadi sarana yang dianggap ampuh dan efektif untuk promosi sehingga jalan untuk penetrasi pasar maupun ekspansi pasar semakin terbuka.
Jika selama ini toko offline hanya bisa menjangkau pasar lokal yang terbatas, namun dengan adanya kemajuan teknologi komunikasi semacam internet, bisa menjadi sarana yang paling tepat bagi para pelaku usaha untuk memperluas jaringan pangsa pasarnya. Melalui jaringan internet seorang pemilik toko, dapat menjangkau pasar yang lebih luas, tidak hanya pasar lokal namun bisa menjangkau pasar nasional bahkan internasional.
Sekali lagi, intinya toko online tidak berbeda jauh dengan toko yang dibuka secara offline. Yang membedakan hanyalah lokasi usaha dan cara transaksi atau pembeliannya saja. Selain itu, jika toko konvensional (toko offline) membutuhkan lokasi yang strategis untuk memulai usaha, toko online hanya membutuhkan jaringan internet dan membuat website, blog atau jejaring sosial sebagai tempat usahanya. Selanjutnya toko online juga memudahkan dalam hal promosi, modal yang digunakan relatif kecil, operator atau tenaga kerja yang tak banyak, serta waktu yang fleksibel, menjadi alasan atau pilihan utama para pebisnis online.
Di Indonesia, sampai saat ini belum ada data yang pasti berapa jumlah toko online yang ada.Namun ada beberapa nama pebisnis online besar yang selama ini "aman" dan terpercaya untuk melakukan transaksi. Setidaknya ada beberapa toko online dengan jualan unik dan mempunyai segmen pasar tersendiri, misalnya untuk jual-beli buku-buku, gramedia.com masih boleh dikatakan sebagai rajanya.
Demikian juga dengan Zalora Indonesia, merupakan pusat belanja fashion online terbesar di Indonesia yang menyediakan kebutuhan fashion segala kalangan dengan menawarkan brand-brand lokal maupun internasional, yang semuanya mengikuti trend fashion terbaru dan memberikan banyak pilihan konsumen. Zalora selalu memberikan layanan terbaik kepada konsumen dengan berbagai penawaran menarik, seperti harga promo, diskon khusus, special deal, dan juga memberikan kemudahan transaksi dengan gratis ongkos kirim untuk area tertentu, layanan Cash on Delivery (COD), serta garansi barang kembali jika tak sesuai.
Sementara itu yang lain ada Lazada yang mempunyai banyak ragam barang yang ditawarkan, mulai dari komputer, laptop, tablet, hand phone, elektronik, fashion, alat-alat rumah tangga, alat kesehatan dan sebagainya. Layanan Lazada ini tak jauh beda dengan Zalora dalam memanjakan konsumennya.
Itu hanya beberapa contoh toko online besar dan terpercaya yang ada di Indonesia, masih banyak yang lain yang jumlahnya bisa ribuan. Namun yang pasti, dalam menjalankan bisnis online, selain kualitas barang dan layanan yang bermutu, yang terpenting adalah adanya kepercayaan dari konsumen. Apalagi saat ini banyak layanan belanja online yang “abal-abal”, penipuan yang berkedok jual-beli. Jadi ini sangat penting menjadi perhatian para pelaku usaha online dan masyarakat konsumen.
membuat toko online amazon
membuat toko online android
membuat toko online amazon di facebook
membuat toko online amazon dengan wordpress
membuat toko online amazon dengan blogspot
membuat toko online amazon dengan blogger
cara buat toko online amazon
cara membuat toko online amazon
membuat toko online berbasis ajax dengan prestashop
membuat toko online dengan artisteer
buat toko online blogspot
membuat toko online blogspot
membuat toko online blog
membuat toko buku online
membuat toko online dengan blogger
cara membuat toko online blogspot
cara membuat toko online blog
cara membuat toko online baju
jasa pembuatan toko online blogspot
cara membuat toko buku online
buat toko online cms
membuat toko online com
membuat toko online dengan codeigniter
membuat toko online dengan cms wordpress
membuat toko online dengan ci
membuat toko online dengan quick cart
membuat toko online dengan wordpress.com
cara buat toko online
cara buat toko online gratis
cara buat toko online di facebook
buat toko online dengan wordpress
buat toko online dengan joomla
buat toko online dengan blogspot
buat toko online dengan prestashop
buat toko online dengan opencart
buat toko online di blogspot
buat toko online di wordpress
buat toko online di facebook
buat toko online dengan blogger
buat toko online dengan wordpress gratis
membuat toko online dengan e commerce
membuat toko online dengan eshop
membuat toko online seperti ebay
membuat toko online dengan wp e-commerce
membuat toko online dengan wordpress eshop
membuat toko online dengan wordpress e-commerce
buat toko online free
buat toko online facebook
buat toko online fb
membuat toko online facebook
membuat toko online fb
bikin toko online facebook
buat toko online gratis selamanya
buat toko online gratis dan mudah
membuat toko online gratis dengan wordpress
membuat toko online gratis dengan blogspot
buat toko online gratis
buat toko online gratis selamanya
buat toko online gratis dan mudah
membuat toko online gratis dengan wordpress
membuat toko online gratis dengan blogspot
membuat toko online gratis di facebook
membuat toko online gratis indonesia
membuat toko online gratis wordpress
membuat toko online gratis dengan prestashop
membuat toko online gratis di blogspot
membuat toko online dengan html
membuat toko online indonesia
membuat toko online gratis indonesia
membuat toko online bahasa indonesia
membuat toko online di idhostinger
cara membuat toko online indonesia
membuat toko online dengan codeigniter
cara buat toko online di internet
membuat toko online joomla
buat toko online dengan joomla
membuat toko online dengan joomla
membuat toko online dengan joomla 2.5
membuat toko online dengan joomla 1.5
cara membuat toko online joomla
membuat toko online menggunakan joomla
membuat toko online dengan joomla 3.0
membangun toko online dengan joomla
bikin toko online dengan joomla
jasa pembuatan toko online kaskus
membuat toko online lokomedia
membuat toko online laris
membuat toko online lewat blog
membuat toko online lewat facebook
membuat toko online lewat hp
cara membuat toko online lewat facebook
membuat toko online dengan lokomedia
cara membuat toko online laris
cara membuat toko online laku
cara membuat toko online lengkap
buat toko online murah
membuat toko online menggunakan wordpress
membuat toko online mudah
jasa buat toko online murah
buat website toko online murah
buat web toko online murah
cara buat toko online mudah
cara membuat toko online menggunakan wordpress
cara membuat toko online menggunakan prestashop
cara membuat toko online menggunakan php
membuat toko online dengan notepad
membangun toko online dari nol
membuat toko online dengan asp.net
nama buat toko online
membuat toko online php
membuat toko online php mysql
membuat toko online prestashop
buat toko online dengan prestashop
membuat toko online dengan php
membuat toko online dengan prestashop
membuat toko online dengan php mysql
membuat toko online dengan php untuk orang awam
membuat toko online menggunakan php
cara membuat toko online prestashop
membuat toko online dengan quick cart
cara membuat toko online ramai
buat toko online sendiri
buat toko online surabaya
membuat toko online sederhana dengan php
membuat toko online sederhana
bikin toko online sendiri
cara buat toko online sendiri
jasa pembuatan toko online surabaya
buat toko online termurah
jasa pembuatan toko online terbaik
membuat toko online untuk pemula
cara membuat toko online untuk pemula
membuat toko online multi user
membuat toko online dengan php untuk orang awam
buat toko online via facebook
membuat toko online virtuemart
membuat toko online versi mobile
membuat toko online via facebook
membuat toko online dengan virtuemart
membuat toko online joomla+virtuemart
cara membuat toko online versi mobile
cara membuat toko online via facebook
membangun toko online dengan virtuemart
membuat toko online sendiri menggunakan virtuemart (part 1)
buat toko online wordpress
membuat toko online wordpress
membuat toko online wordpress gratis
bikin toko online wordpress
buat toko online dengan wordpress
cara buat toko online wordpress
jasa buat toko online wordpress
buat toko online di wordpress
membuat toko online dengan wordpress
membuat toko online di wordpress
membuat toko online xampp
membuat toko online di xtgem
buat toko online yang murah
membuat toko online yang menarik
membuat toko online yang mudah
membuat toko online yang bagus
membuat toko online yii
cara membuat toko online yang menarik
membuat toko online dengan yii
cara membuat toko online yang mudah
cara membuat toko online yang bagus
cara membuat toko online yang baik
buat toko online free
membuat toko online di 000webhost
cara buat toko online free
cara membuat toko online free
membuat website toko online free
Description: Perkembangan Bisnis Toko Online atau Online Shop
Rating: 5
Reviewer: Admin
ItemReviewed: Perkembangan Bisnis Toko Online atau Online Shop