Salah satu pertanyaan yang sering ditanyakan kepada pemilik maupun pengelola e-commerce
dalam forum-forum seperti seminar adalah bagaimana mereka menggunakan
sosial media dalam mendukung penjualan ataupun bisnisnya secara
keseluruhan?
Kenyataan bahwa pertanyaan seperti itu masih ditanyakan menunjukkan bahwa sosial media masihlah dianggap hal baru, dan ketika saya melihat ke sekitar, ternyata memang masih sangat banyak e-commerce yang belum serius mengelola sosial media mereka.
Sebagian e-commerce memandang sosial media sebagai 'sampingan' dan masih banyak e-commerce yang dikelola layaknya bisnis offline.
Tidak seperti sebuah bisnis online dimana keseluruhan perilaku organisasi menunjukkan sifat digitalnya, sebagian e-commerce tak ubahnya bisnis offline yang memiliki beberapa perwakilan di online berupa situs web, akun Facebook, Twitter dan beberapa social media lain yang dianggap penting.
Pertanyaan selanjutnya, apakah itu salah? Tidak juga. Mungkin saja hal itu memang merefleksikan kondisi industri kita dan kondisi kematangan digital konsumen kita.
Namun sesungguhnya, bagi pemain-pemain e-commerce yang belum memaksimalkan penggunaan sosial media sangatlah disayangkan. Sebenarnya, sosial media itu sangatlah penting dan bahkan tak terpisahkan dari e-commerce.
Setidaknya saya bisa menyebutkan 3 kegunaan dahsyat dari sosial media untuk e-commerce, untuk sekali lagi mengingatkan teman-teman yang belum memandang serius dan masih mempertanyakan perlunya sosial media.
1. Pre-Sales: Sosial media sangat penting untuk branding dan mendekatkan brand/toko kepada calon konsumen. Melalui sifatnya yang cair dan conversational, sosial media membuat brand lebih manusiawi dan personal.
Banyak brand yang sudah mendapatkan manfaat dari aktivitasnya di social media. Bahkan ada yang besar namanya dari sosial media. Menjalin komunikasi yang tepat di Twitter, Facebook dll adalah sarana branding yang low cost tapi high impact.
2. Sales: Sosial media juga dapat digunakan dalam proses sales itu sendiri. Misalnya yang dilakukan Dell, Dell memiliki banyak akun Twitter, salah satunya akun @DellOutlet yang menginformasikan secara terus-menerus promo penjualan dan menerima pemesanan langsung dari Twitter. Pada tahun 2009, Dell berhasil meraup penjualan USD 3 juta dari aktivitas di Twitter.
Dalam skala UKM berjualan di sosial media malah lebih menonjol. Tak terhitung jumlah akun Facebook, Twitter, Instagram, dll yang digunakan untuk berjualan langsung.
3. Post Sales: Customer Services, CRM, dan pengembangan produk. Yang terakhir mungkin kalah populer dibanding yang pertama.
Sebagian besar penggunaan sosial media oleh e-commerce masih untuk promosi/marketing. Walaupun sebagian sudah menggunakan untuk layanan pelanggan juga. Beberapa brand besar yang memiliki basis customer besar saat ini sudah memiliki akun Twitter untuk customer service, misalnya BCA dan PLN.
Tahapan selanjutnya dari penggunaan untuk layanan pelanggan, sosial media yang kaya dengan data dapat digunakan juga untuk Customer Relationship Management (CRM).
Banyak brand yang sudah mendapatkan manfaat dari aktivitasnya di social media. Bahkan ada yang besar namanya dari sosial media. Menjalin komunikasi yang tepat di Twitter, Facebook dll adalah sarana branding yang low cost tapi high impact.
2. Sales: Sosial media juga dapat digunakan dalam proses sales itu sendiri. Misalnya yang dilakukan Dell, Dell memiliki banyak akun Twitter, salah satunya akun @DellOutlet yang menginformasikan secara terus-menerus promo penjualan dan menerima pemesanan langsung dari Twitter. Pada tahun 2009, Dell berhasil meraup penjualan USD 3 juta dari aktivitas di Twitter.
Dalam skala UKM berjualan di sosial media malah lebih menonjol. Tak terhitung jumlah akun Facebook, Twitter, Instagram, dll yang digunakan untuk berjualan langsung.
3. Post Sales: Customer Services, CRM, dan pengembangan produk. Yang terakhir mungkin kalah populer dibanding yang pertama.
Sebagian besar penggunaan sosial media oleh e-commerce masih untuk promosi/marketing. Walaupun sebagian sudah menggunakan untuk layanan pelanggan juga. Beberapa brand besar yang memiliki basis customer besar saat ini sudah memiliki akun Twitter untuk customer service, misalnya BCA dan PLN.
Tahapan selanjutnya dari penggunaan untuk layanan pelanggan, sosial media yang kaya dengan data dapat digunakan juga untuk Customer Relationship Management (CRM).
Melalui pengelolaan dan analisa yang baik terhadap big data, dapat
dilakukan pendekatan yang tepat terhadap konsumen serta mendapatkan
masukan untuk pengembangan produk.
Dari paparan di atas terlihat bahwa peran sosial media mulai dari a to z, bila kita melakukan bisnis di digital tentu tak bisa dipisahkan dari sosial media sebagai bagian dari ekosistem yang sama.
Anda yang bekerja di e-commerce, hiduplah di sosial media, bergaul dan memetik banyak insight dari sana. Semakin banyak kita belajar maka akan semakin baik kita dalam melakukan sosial media.
Dari paparan di atas terlihat bahwa peran sosial media mulai dari a to z, bila kita melakukan bisnis di digital tentu tak bisa dipisahkan dari sosial media sebagai bagian dari ekosistem yang sama.
Anda yang bekerja di e-commerce, hiduplah di sosial media, bergaul dan memetik banyak insight dari sana. Semakin banyak kita belajar maka akan semakin baik kita dalam melakukan sosial media.
aplikasi toko online facebook
aplikasi toko online facebook gratis
aplikasi toko online facebook terbaik
toko baju anak online facebook
aplikasi toko online di facebook
toko online baju facebook
toko sepatu online bandung facebook
toko buku online facebook
toko boneka online facebook
toko batik online facebook
toko bunda online facebook
buat toko online facebook
toko bayi online facebook
bikin toko online facebook
cara buat toko online facebook
contoh toko online facebook
cara membuat toko online facebook
cara buka toko online facebook
contoh toko online di facebook
cara toko online di facebook
toko sepatu converse online facebook
toko online di facebook
toko online dengan facebook
belanja online di facebook
membuat toko online di facebook
toko baju online di facebook
membuat toko online dengan facebook
toko sepatu online di facebook
aplikasi toko online di facebook
buka toko online di facebook
toko online penipu di facebook
toko online facebook gratis
aplikasi toko online facebook gratis
cara membuat toko online di facebook gratis
toko online gratis di facebook
toko hp online facebook
toko jam online facebook
toko jilbab online facebook
toko jaket online facebook
jasa toko online facebook
toko jam tangan online facebook
toko jam online di facebook
facebook jadi toko online
toko baju online murah facebook
membuat toko online facebook
cara membuat toko online melalui facebook
toko mainan online facebook
toko online murah di facebook
toko baju muslim online facebook
membuat toko online di facebook
membuat toko online dengan facebook
membuka toko online di facebook
membangun toko online di facebook
nama toko online di facebook
toko sepatu online on facebook
toko baju online on facebook
penipuan toko online facebook
toko pancing online facebook
toko online penipu di facebook
toko perlengkapan bayi online facebook
toko pakaian wanita online facebook
toko online via facebook
membuat toko online via facebook
buat toko online via facebook
cara membuat toko online via facebook
cara buat toko online via facebook
toko sepatu wanita online facebook
toko pakaian wanita online facebook
Description: Manfaatkan Twitter dan Facebook Untuk Toko Online Anda
Rating: 5
Reviewer: Admin
ItemReviewed: Manfaatkan Twitter dan Facebook Untuk Toko Online Anda