Rabu, 18 Juni 2014

Manfaatkan Twitter dan Facebook Untuk Toko Online Anda

Salah satu pertanyaan yang sering ditanyakan kepada pemilik maupun pengelola e-commerce dalam forum-forum seperti seminar adalah bagaimana mereka menggunakan sosial media dalam mendukung penjualan ataupun bisnisnya secara keseluruhan?

Kenyataan bahwa pertanyaan seperti itu masih ditanyakan menunjukkan bahwa sosial media masihlah dianggap hal baru, dan ketika saya melihat ke sekitar, ternyata memang masih sangat banyak e-commerce yang belum serius mengelola sosial media mereka.

Sebagian e-commerce memandang sosial media sebagai 'sampingan' dan masih banyak e-commerce yang dikelola layaknya bisnis offline.

Tidak seperti sebuah bisnis online dimana keseluruhan perilaku organisasi menunjukkan sifat digitalnya, sebagian e-commerce tak ubahnya bisnis offline yang memiliki beberapa perwakilan di online berupa situs web, akun Facebook, Twitter dan beberapa social media lain yang dianggap penting.

Pertanyaan selanjutnya, apakah itu salah? Tidak juga. Mungkin saja hal itu memang merefleksikan kondisi industri kita dan kondisi kematangan digital konsumen kita.

Namun sesungguhnya, bagi pemain-pemain e-commerce yang belum memaksimalkan penggunaan sosial media sangatlah disayangkan. Sebenarnya, sosial media itu sangatlah penting dan bahkan tak terpisahkan dari e-commerce.

Setidaknya saya bisa menyebutkan 3 kegunaan dahsyat dari sosial media untuk e-commerce, untuk sekali lagi mengingatkan teman-teman yang belum memandang serius dan masih mempertanyakan perlunya sosial media.

1. Pre-Sales: Sosial media sangat penting untuk branding dan mendekatkan brand/toko kepada calon konsumen. Melalui sifatnya yang cair dan conversational, sosial media membuat brand lebih manusiawi dan personal.

Banyak brand yang sudah mendapatkan manfaat dari aktivitasnya di social media. Bahkan ada yang besar namanya dari sosial media. Menjalin komunikasi yang tepat di Twitter, Facebook dll adalah sarana branding yang low cost tapi high impact.

2. Sales: Sosial media juga dapat digunakan dalam proses sales itu sendiri. Misalnya yang dilakukan Dell, Dell memiliki banyak akun Twitter, salah satunya akun @DellOutlet yang menginformasikan secara terus-menerus promo penjualan dan menerima pemesanan langsung dari Twitter. Pada tahun 2009, Dell berhasil meraup penjualan USD 3 juta dari aktivitas di Twitter.

Dalam skala UKM berjualan di sosial media malah lebih menonjol. Tak terhitung jumlah akun Facebook, Twitter, Instagram, dll yang digunakan untuk berjualan langsung.

3. Post Sales: Customer Services, CRM, dan pengembangan produk. Yang terakhir mungkin kalah populer dibanding yang pertama.

Sebagian besar penggunaan sosial media oleh e-commerce masih untuk promosi/marketing. Walaupun sebagian sudah menggunakan untuk layanan pelanggan juga. Beberapa brand besar yang memiliki basis customer besar saat ini sudah memiliki akun Twitter untuk customer service, misalnya BCA dan PLN.

Tahapan selanjutnya dari penggunaan untuk layanan pelanggan, sosial media yang kaya dengan data dapat digunakan juga untuk Customer Relationship Management (CRM).

Melalui pengelolaan dan analisa yang baik terhadap big data, dapat dilakukan pendekatan yang tepat terhadap konsumen serta mendapatkan masukan untuk pengembangan produk.

Dari paparan di atas terlihat bahwa peran sosial media mulai dari a to z, bila kita melakukan bisnis di digital tentu tak bisa dipisahkan dari sosial media sebagai bagian dari ekosistem yang sama.

Anda yang bekerja di e-commerce, hiduplah di sosial media, bergaul dan memetik banyak insight dari sana. Semakin banyak kita belajar maka akan semakin baik kita dalam melakukan sosial media. 
aplikasi toko online facebook aplikasi toko online facebook gratis aplikasi toko online facebook terbaik toko baju anak online facebook aplikasi toko online di facebook toko online baju facebook toko sepatu online bandung facebook toko buku online facebook toko boneka online facebook toko batik online facebook toko bunda online facebook buat toko online facebook toko bayi online facebook bikin toko online facebook cara buat toko online facebook contoh toko online facebook cara membuat toko online facebook cara buka toko online facebook contoh toko online di facebook cara toko online di facebook toko sepatu converse online facebook toko online di facebook toko online dengan facebook belanja online di facebook membuat toko online di facebook toko baju online di facebook membuat toko online dengan facebook toko sepatu online di facebook aplikasi toko online di facebook buka toko online di facebook toko online penipu di facebook toko online facebook gratis aplikasi toko online facebook gratis cara membuat toko online di facebook gratis toko online gratis di facebook toko hp online facebook toko jam online facebook toko jilbab online facebook toko jaket online facebook jasa toko online facebook toko jam tangan online facebook toko jam online di facebook facebook jadi toko online toko baju online murah facebook membuat toko online facebook cara membuat toko online melalui facebook toko mainan online facebook toko online murah di facebook toko baju muslim online facebook membuat toko online di facebook membuat toko online dengan facebook membuka toko online di facebook membangun toko online di facebook nama toko online di facebook toko sepatu online on facebook toko baju online on facebook penipuan toko online facebook toko pancing online facebook toko online penipu di facebook toko perlengkapan bayi online facebook toko pakaian wanita online facebook toko online via facebook membuat toko online via facebook buat toko online via facebook cara membuat toko online via facebook cara buat toko online via facebook toko sepatu wanita online facebook toko pakaian wanita online facebook
Suka artikel ini? Bagikan : :
Share on FB Tweet Share on G+ Submit to Digg
Description: Manfaatkan Twitter dan Facebook Untuk Toko Online Anda Rating: 5 Reviewer: Toko Murah ItemReviewed: Manfaatkan Twitter dan Facebook Untuk Toko Online Anda